Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Penerimaan Beasiswa LPDP dan KIP Kuliah

 


LPDP atau yang dikenal sebagai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini tergolong yang paling banyak diincar oleh mahasiswa, utamanya adalah mereka yang ingin mengenyam jenjang pendidikan magister, tak hanya di dalam negeri saja, melainkan juga sampai ke luar negeri. Beasiswa yang satu ini dibuka pendaftarannya setiap tahun, dengan jumlah pelamar yang juga terbilang sangat banyak. Sehingga tidak semua yang melamarnya juga akan bisa diterima dan mendapatkan bantuan pendidikan tersebut. Harus ada usaha ekstra untuk bisa mendapatkannya. Kelebihan lpdp dari beasiswa lainnya adalah :

  • penerima beasiswa LPDP memiliki kesempatan diterima kerja lebih besar. Hal itu disebabkan begitu bergengsinya program ini sehingga banyak perusahaan yang mengantri untuk mendapatkan alumni-alumni beasiswa tersebut.
  • Biaya pendidikan full akan ditanggung oleh LPDP, tak hanya itu bahkan biaya pendukung pendidikan lainnya sepenuhnya juga akan diberikan oleh LPDP ini, sehingga nantinya bagi penerima tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk kuliah, bahkan biaya hidup sekalipun juga akan diberikan oleh LPDP.
  • Beasiswa tersebut terbuka bagi siapa saja, artinya tidak hanya mahasiswa, melainkan juga PNS yang ingin melanjutkan pendidikannya bahkan juga dosen. Sehingga tidak ada batasan bagi siapa saja yang memang tertarik untuk melanjutkan pendidikan mereka, namun terbatas akan masalah biaya.
  • Memungkinkan untuk belajar dimana saja, termasuk di Universitas terbaik yang ada di dunia, tak perlu takut masalah biaya, karena beasiswa LPDP ini nantinya memang akan menjamin secara full biaya pendidikan Anda, baik itu yang sekedar ingin belajar di universitas-universitas yang ada di dalam negeri atau mungkin yang ingin kuliah ke Harvard yang mahal sekalipun, semua biaya ditanggung oleh lembaga tersebut.
  • Tidak ada ikatan dinas, patut untuk diketahui bahwa jenis beasiswa yang satu ini ditawarkan tanpa adanya ikatan dinas bagi yang menerimanya, artinya setelah lulus nanti tidak harus mengabdi ke pemerintah, namun memang benar jika seandainya penerima beasiswa tersebut nantinya tetap harus kembali dan berkarir di Indonesia.
  • Memungkinkan untuk menjamin pertemanan dengan lebih banyak orang hebat, faktanya memang tidak sembarangan orang bisa diterima dalam program beasiswa ini, setelah nantinya diterima sekalipun, maka Anda tetap harus di karantina untuk mendapatkan pembekalan, sehingga bisa mengenal lebih banyak orang penerima beasiswa tersebut. Jaringan pertemanan akan semakin luas dengan orang-orang hebat.
  • Dengan mendapatkan beasiswa ini, maka nantinya kesempatan untuk berkarier juga semakin terbuka lebar dan cerah kedepannya. Bagi mereka yang bisa melanjutkan kuliah dengan program beasiswa, apalagi yang bonafit seperti LPDP ini, maka jangan khawatir karena kedepannya akan semakin mudah mencari pekerjaan, banyak perusahaan besar yang akan mengantri untuk menerima Anda.

Bagi kamu yang berhasil mendapatkan KIP Kuliah ini akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat lho. Hm, apa aja tuh manfaatnya? Kuy cek ulasan berikut ini ya. 

1. Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk PTN

Buat sobat Miku yang mau daftar UTBK-SBMPTN tapi berasal dari keluarga kurang mampu, jangan khawatir kalau bayar. Jika kamu sudah mendapatkan kesempatan KIP Kuliah, biaya pendaftaran kamu free lho. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini guys. Jadi gak usah bingung lagi kalau mau daftar melalui jalur ini. 

2. Bebas biaya kuliah

Yaps, bener banget. Sobat Miku yang mendapatkan kesempatan menerima KIP-Kuliah, kamu akan dibebaskan biaya kuliah selama menempuh studi. 
Meskipun tak berbayar, tapi kamu diberi batasan waktu juga lho. Jadi jangan dianggap sepele ya hehe. 

3. Bantuan hidup 

Selain bebas biaya kuliah, kamu juga bakal dapat biaya bantuan hidup. Bantuan biaya hidup ini bakal disesuaikan dengan wilayah kampus kamu guys. 
Berdasarkan hasil penetapan dari Puslapdik, biaya bantuan hidup akan dihitung dari besaran indeks harga lokal dari masing-masing perguruan tinggi. So, gak usah takut kekurangan yah. 

4. Semangat belajar lebih 

Gimana gak semangat belajar? Kalau kamu dapat beasiswa KIP-Kuliah, kamu harus mendapatkan IPK minimal dan dengan batas waktu studi yang sudah ditentukan. That’s why lingkungan yang mendukung bakal membantumu untuk terus belajar lebih giat lagi. 

5. Mendapatkan pelatihan khusus  

Di beberapa kampus biasanya memiliki komunitas khusus penerima KIP-Kuliah. Nah, di dalam komunitas ini biasanya kamu bakalan mendapatkan pelatihan khusus sobat. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi kalau kamu merasa kesulitan selama masa kuliah. 

At last but not least, mendapatkan kesempatan KIP-Kuliah adalah kesempatan yang snagat berharga. Makanya buat kamu yang mendapatkan kesempatan ini jangan sampai disia-siakan yah. Karena begitu banyak manfaat yang kamu dapat dari KIP-Kuliah ini. 

Selengkapnya informasi mengenai LPDP dan KIP Kuliah ada di https://www.ganipramudyo.web.id/

1 komentar untuk "Manfaat Penerimaan Beasiswa LPDP dan KIP Kuliah"