Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 situs Indonesia yang membantu Anda membandingkan harga

Sekarang ini mungkin adalah momen yang paling tepat untuk situs pembanding harga masuk ke pasar Indonesia. Era e-commerce di Indonesia masih sangat baru dan akan meledak dalam beberapa tahun ke depan. Sebuah laporan mengatakan bahwa transaksi online yang terjadi di negara ini akan mencapai nilai Rp 95 triliun tahun ini, dan akan tumbuh sampai Rp 297 triliun di tahun 2016 1. Fenomena itulah yang menjadi incaran situs-situs pembanding harga ini.

Berikut adalah tujuh situs pembanding harga yang bersaing di pasar Indonesia:

1. PriceArea

pricearea site

PriceArea bisa dibilang merupakan startup situs pembanding harga pertama di Indonesia, dan sekaligus situs yang mendominasi sektor ini. Situs ini diluncurkan dalam versi beta di bulan Juli 2010 dan tahun lalu mendapatkan investasi Seri A dari GREE Ventures dan So-net milik Sony setelah menerima investasi awal dari East Ventures. PriceArea saat ini punya lebih dari 20 kategori produk yang bisa dicek oleh penggunanya. Kategori yang menjadi fokus utama adalah handphone, komputer, produk bayi dan anak, kamera, dan elektronik. Di Startup Asia Jakarta 2013 lalu, CEO Andry Suhaili mengungkapkan bahwa situsnya sudah memiliki data dari 3.000 toko online, 550.000 penjual online, dan 8,5 juta produk dalam database-nya.

Pengguna bisa mencari produk melalui situs ini berdasarkan kata kunci, harga, penjual, dan lokasi penjual. Perusahaan ini juga memasukkan produk dari situs marketplace customer-to-customer (C2C) seperti Tokopedia dan BukaLapak. Dua situs itu saja pasti sudah memberikan banyak produk ke dalam daftar PriceArea.

2. Telunjuk

telunjuk site

Telunjuk juga merupakan situs pembanding harga buatan Indonesia. Situs ini diluncurkan di bulan Maret tahun lalu dan mungkin satu-satunya kisah sukses yang dihasilkan oleh akselerator startup pertama Indonesia, Project Eden.

Situs ini punya 10 kategori produk utama seperti produk olahraga, kecantikan, elektronik, fashion, dan travel. Pengguna bisa mencari produk dalam situs ini berdasarkan kata kunci, rentang harga, kondisi produk, lokasi penjual, dan metode pembayaran yang tersedia. Situs ini punya data 160.000 produk dan 450.000 harga untuk dibandingkan.

Pengguna dapat mencari produk di Telunjuk melalui aplikasi Android atau SMS. Pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi jika situs ini menemukan harga yang cocok untuk sebuah produk yang dipantau oleh pengguna.

3. DataToko

DataToko merupakan sebuah web banding harga asal Indonesia. Pengunjung dapat menemukan harga barang, promo, dan diskon terbaik dari berbagai toko online terpercaya hanya di situs perbandingan harga DataToko.id

1 komentar untuk "3 situs Indonesia yang membantu Anda membandingkan harga"